Hello Makna Kata

Menelisik Makna dalam Untaian Kata

Prosa Manusia Telanjang

kaudatang membawa dirimu yang telanjang.
di luar dari memiliki. tidak ada yang tahu. selain di kamar mandi. kau juga bisa telanjang di luar kamarmandi.
tentu kauboleh telanjang-telanjangan dengan aku. aku tidak menolak. tapi aku beritahu padamu. ketika mahkluk telanjang bertemu makhluk telanjang. mereka berdua atau berbanyak. akan saling memandangi. mereka akan saling mengeja, itu di dada kamu ada yang nempel, “b-u-ah-p-e-p-a-y-a”, itu di bawah pusarmu, ada yang angguk-anggukkan seperti per kursi yang sedang diduduki, “s-e-e-k-o-r-b-u-r-u-n-g-y-a-n-g-s-e-d-a-n-g-b-e-r-m-a-i-n-g-u-n-d-u” itu di bawah pusarmu, ada sebuah pulau yang memiliki hutan lebat, “p-o-h-o-n2 e-v-e-r-g-r-e-e-n-y-a-n-g-t-i-d-a-k-p-e-r-n-a-h-r-u-b-u-h-a-t-a-u-p-u-n-d-i-t-e-b-a-n-g.
“burung yang bosan karna sejak dari berbulan-bulan lalu bermain gundu, kini ia punya ingin, ingin terbang, berkunjung ke sebuah pulau milikmu. tapi sebelumnya, dia ingin mencoba sedikit memakan buah pepaya yang tidak jauh cuma diseberang pulaumu, katanya dia haus, dia butuh air yang manis. sehabis itu sayap-sayap ia kepakan, terentang sempurna, ia bersiap terbang. ia bersiap, pasrah kalau-kalau ia tersesat dan tidak menemukan langit untuk kembali terbang. burung itu, terbang dengan cepat, dan pulau itu dengan cepat menelannya. membenamkannya, sampai keberadaannya hilang. burung itu masuk, hilang dalam gelap, dalam gelap, tapi dia merasa enak, dia tidak kembali2 ke udara tenpat langit berada,dia sudah tahu ada rumah enak, lebih dari makanan, maka ia putuskan sisa hidupnya untuk tersesat dan mati.”

dan pulau itu siang-malam, bernyanyi kegirangan.
“ada seekor burung masuk kedalam diri ku, serasa diriku yang hampa, sedari dulu ditinggal makhluk berkehidupan, sekarang jadi dialiri berjutajuta sengatan kehidupan, aku terbuai, aku akan menyesatkan sampai mati burung itu, yeah, yeah, uuhh, ahhh”

Karya: Adi Darmawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *